Sabtu, 26 Maret 2011

ETIKA REMAJA SEMAKIN MENURUN

Kenyataan yang kita lihat sekarang ini Etika remaja semakin menurun itu memang benar adanya. Jaman sudah berubah, pengaruh budaya asing telah menggerogoti remaja Indonesia yang dulu terkenal dengan sopan santunnya sebagai orang timur yang berbudaya.

Di rumah sebagai anak remaja banyak menunjukkan sikap dan prilaku yang kurang baik terhadap orang tua, baik dari perkataan maupun perbuatan.

1. Perkataan, berbicara dengan orang tua dengan nada suara tinggi, membantah, bahkan melecehkan orang tua, mengejek teman menjadi hal yang biasa. Hal tersebut sering terjadi, dan terus terjadi tanpa ada yang dapat membendungnya. Pengaruh hiburan yang memberikan contoh demikian dalan sinetron atau film.

2. Perbuatan, remaja kini tidak peka terhadap lingkungan keluarga, dirumah orang tua sedang bekerja membersihkan rumah dan lingkungan. Jika orang tua tidak menyuruh anaknya membantu maka sang anak hanya asik menonton TV saja, tidak mengindahkan orang tua yang sedang sibuk bekerja, malah kadang ada yang asik menonton orang tuanya bekerja.(Astafirullah)

Bagi yang demikian segeralah untuk berubah, dengan berprilaku yang baik dengan sopan dan kesadaran yang tinggi untuk memperhatikan lingkungan sekitar. Terutama kedua orang tua bantulah Ibu dan Bapak dikebun maupun dirumah.

Kehidupan dimasyarakat

Dengan teman yang lebih tua, remaja sering tidak menghormati, cenderung menentang dan menganggap mereka lawan tidak ada rasa terima kasih, sering saling menghina satu sama lain.


Dengan teman sebaya, remaja tidak menunkukan rasa kasih sayang, cenderung rasa ingin menjatuhkan dan merendahkan teman yang lain atau yang lebih jelasnya mengejek teman lain, mengajak ke perbuatan yang tidak berguna; trek-trekan, tongkrang-tongkrong, jalan-jalan. Semua kegiatan itu tidak mendukung untuk masa depan mendatang kalau hanya sifatnya iseng.

Dengan yang lebih muda, remaja cenderung memberikan contoh yang tidak baik, sering kluyuran, tidak tepat waktu, boros, mencari jalan pintas, malas berpikir, sok ngatur, ankuh dll. Sehingga secara tidak langsung akan menciptakan generasi yang sama, bahkan akan lebih parah dari remaja sebelumnya.

Kehidupan disekolah.


Disekolah remaja yang berusia 12 – 15 tahun berprilaku tidak baik terhadap teman ataupun guru. Prilaku mereka antara lain:

1. Sering ngeles
2. Tidak mendengarkan teman bicara
3. Memotong pembicaraan teman
4. Membicarakan teman lain
5. Tidak mau bekerja sama
6. Memberikan ekspresi yang melecehkan jika teman mengemukakan pendapat
7. Sering bicara bohong
8. Maunya tidak kerja tapi dapat nilai (pemalas)
9. Mudah tersinggung
10. Sering memakai kekerasan

Dengan guru disekolah remaja masih ada saja yang ngeles, tidak perduli kalau melihat pak guru atau ibu guru sedang membersihkan ruangan, acuh tak acuh, cuek. Padahal tidak demikian, selayaknya memperhatikan apa yang dikatakan dan menghormati dengan berperilaku baik dan sopan.

Mudah-mudahan para remaja segera berbenah diri untuk memperbaiki moral, untuk bekal disama yang akan datang dan sebagai bahan untuk ditularkan kepada generasi remaja mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat terima kasih atas kunjungan anda beri komentar Anda, agar menjadi motivasi saya untuk terus mengupdate blog ini.
Silahkan berkomentar dengan santun.